Friday, November 23, 2018

Penerimaan Siswa Baru - 100 SMPN di Jakarta dengan Nilai Rata-rata UN Tertinggi

Penerimaan siswa baru untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2018 keseluruhannya telah menggunakan sistem on-line melalui www.ppdb.jakarta.go.id. Dengan 3 proses tahapan, yakni:

- Tahap 1 Lokal. Dimana yang dilakukan proses seleksinya adalah semua calon siswa yang berada dalam 1 rayon antara lokasi SMPN dengan alamat siswa. Siswa yang beda rayon, tidak diperkenankan mengikuti proses Tahap 1 Lokal ini. Kuota kursi yang disediakan pada Tahap 1 Lokal adalah sebanyak 55% dari daya tampung.

- Tahap 2 Umum. Dalam tahapan ini siswa dapat memilih sekolah yang diluar rayonnya, dimana alamat Sekolah dan alamat rumah beda rayon. Adapun kuota Tahap 2 Umum maksimal 35% dari daya tampung sekolah. Pada Tahap 2 Umum ini dilakukan proses seleksi pada siswa yang berdomisili luar DKI Jakarta dengankuota maksimal 5% dari daya tampung sekolah. Termasuk juga proses seleksi siswa inklusi dan siswa berprestasi, dengan kuota maksimal 5% dari daya tampung sekolah.

- Tahap 3 Lokal. Bilamana masih ada kursi kosong, maka Tahap 3 Lokal dapat dilangsungkan. Untuk SMPN yang sudah penuh kuotanya Tahap 3 Lokal ini tidak ada.

Dari data proses seleksi masuk SMPN tahun 2018, yang ada releasenya di www.ppdb.jakarta.go.id maka diperoleh 100 sekolah SMPN di DKI Jakarta yang memperoleh siswa dengan nilai rata-rata UN SD tertinggi.  Adapun data sebaran persentasenya adalah sebagai berikut: 48% SMPN ada di Kotamadya Jakarta Timur, 19% SMPN di Kotamdya Jakarta Selatan, 17% SMPN di Kotamdya Jakarta Utara, 8% SMPN di Kotamdya Jakarta Pusat dan 8% SMPN di Kotamdya Jakarta Barat.



Adapun data selengkapnya adalah sbb:










No comments:

Post a Comment

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...