Monday, February 11, 2019

Daya Tampung PTN Unggulan Lewat Jalur SNMPTN 2019

Buat yang sedang siswa yang sudah dinyatakan lolos pada tahapan verifikasi, selanjutnya akan membuat pilihaan Program Studi (Prodi) pada Perguruan Tinggi Negeri yang diminati.

Setiap siswa berhak untuk membuat dua pilihan Prodi. Tapi setiap siswa harus fokus pada pilihan pertama. Karena hampir mustahil untuk mengharapkan diterima di PTN dengan mengandalkan pilhan kedua.

Guna memaksimalkan peluang pilihan Prodi yang akan dipilih, maka siswa harus mempertimbangkan beberapa hal:

1. Keunggulan Nilai Rapor.
Bila kekuatan rapor mu adalah Matematika dan Kimia, maka kamu bisa memilih Prodi Teknik Kimia, Teknologi Pangan, atau Farmasi.
Bila kekuatan nilai rapor mu adalah Matematika saja, maka bisa memilih Prodi Teknik Matematika, Statistika, Aktuaria, dll.

2. Pertimbangkan juga quota/daya tampung mahasiswa baru yang melalui jalur SNMPTN. Dibawah ini ada beberapa data quota PTN Unggulan, seperti: ITB, UI, UGM, IPB, Unpad, Undip, ITS.

3. Prestasi sekolah dari kakak kelas yang pernah diterima lewat jalur SNMPTN di PTN yang dituju. Alangkah lebih baik, bila ada prestasi nilai yang baik di Prodi dan PTN yang sama.

4. Sertifikat Prestasi yang sesuai. Bila anda pernah terpilih untuk mengikuti OSN tingkat Provinsi, Nasional dan International. Maka Sertifikat Prestasi akan sangat menguntungkan anda.

5. Jika anda sudah dinyatakan lolos dalam tahapan verifikasi SNMPTN, ini sama dengan anda mendapata golden tiket untuk bisa diterima di PTN. Sebaiknya anda pertimbangkan nilai rapor anda sesuai dan cukup kompetitif dengan persaingan masuk PTN yang dituju.

Berikut tabel daya tampung beberapa PTN unggulan lewat jalur SNMPTN:







No comments:

Post a Comment

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...