Tuesday, November 21, 2017

Pendekatan Sistem Pembelajaran

     Pendekatan Sistem Pembelajaran.

Menurut Prof. Wagiono Ismail, (1982) Pendekatan Sistem Pembelajaran adalah suatu pendekatan analisis organisasi yang mempergunakan  ciri-ciri sistem  sebagai titik tolak analisis. Merencanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistem memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

1. Melelui pendekantan sistem, arah dan tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas.
2.    Pendekatan sistem menuntun guru pada kegiatan yang sistematis
3. Pendekatan sistem dapat merancang pembelajaran dengan mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang tersedia.
4.    Pendekatan sistem dapat memberikan umpan balik.

    Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran adalah suatu kombinasi terorganisai yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan (Hamalik, 2003).
Unsur manusiawi dalam sistem pembelajaran terdiri atas siswa, guru atau pengajar, serta orang-orang yang mendukung terhadap keberhasilan proses pembelajaran termasuk pustakawan, laboran, tenaga administrasi bahkan penjaga kantin sekolah. Material adalah berbagai bahan pelajaran yang dapat disajikan sebagai sumber belajar, misalnya buku-buku, film, slide suara, foto, CD, dan lain sebagainya. Fasilitas dan perlengkapan adalah segala sesuatu yang dapat mendukung terhadap jelasnya proses pembelajaran, misalnya ruang kelas, penerangan, perlengkapan komputer, audio visual dan lain sebagainya. Prosedur adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran, misalnya strategi dan metode pembelajaran, jadwal pembelajaran, pelaskasanaan evaluasi dan lain sebagainya.
Sebagai suatu sistem seluruh unsur yang membentuk sistem itu memiliki ciri saling ketergantungan yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan. Keberhasilan sistem pembelajaran adalah keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Selanjutnya siapa yang diharapkan dapat mencapai tujuan tersebut ? yang harus mencapai tujuan adalah siswa yang menjadi subyek belajar. Maka dengan demikian, tujuan utama sistem pembelajaran adalah keberhasilan siswa mencapai tujuan.

No comments:

Post a Comment

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...