Tuesday, November 21, 2017

Pengertian Sistem Pembelajaran

  Pengertian Sistem dan Ciri-cirinya

Dalam pembalajaran yang sangat diperlukan adalah sistem, dengan sistem kita bisa menjalankan aktifitas kegiatan mengajar dengan baik dan tepat. Maka perlu sekali untuk terlebih dahulu mengetahui pengertian dari sistem sendiri.

Sistem bukanlah cara atau metode seperti banyak dikatakan orang, hal ini hanyalah sebagian kecil dari suatu sistem. Istilah sistem memiliki arti yang sangat luas, misalnya manusia, binatang dan alam semesta, mobil, motor dan lembaga tertentu adalah sebagai suatu sistem. Mengapa dikatakan sebagai suatu sistem ?. karena contoh-contoh diatas memiliki komponen-komponen tertentu yang berfungsi untuk mencapai tujuan tertentu pula. Misalnya manusia, manusia sebagai suatu sistem, karene memiliki komponen-komponen tertentu yang satu sama lain saling berkaitan. Dalam tubuh manusia, ada komponen mata, telinga, hidung, tangan, kaki dan lain sebagainya. Setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang pasti. Hidung berfungsi untuk mencium, telinga berfungsi untuk mendengar, mata berfungsi untuk melihat dan lain sebagainya. Setiap komponen dalam tubuh manusia itu saling berhubungan satu sama lain. Manakalah hidung sakit maka bukan hanya hidung tetapi seluruh tubuh akan ikut sakit, demikia juga apabila mata sakit bukan hanya mata tapi seluruh tubuh juga merasakan sakit.
Jadi kalau demikian, apa yang dimaksud dengan sistem itu ?.  Sistem dapat diartikan sebagai satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Atau lebih mudahnya sistem adalah kumpulan elemen-elemen atau bagian-bagian yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem dalam dunia lembaga pendidikan sangat diperlukan, karene dengan adanya sistem yang baik dan teratur akan menjadikan lebih mudah untuk mencapai tujuan pendidikan. 

Dari pengertian diatas, sistem mempunyai tiga ciri utama suatu sistem. Pertama, suatu sistem memeliki tujuan tertentu. Kedua, untuk  mencapai tujuan sebuah sistem memiliki fungsi-fungsi tertentu. Ketiga, untuk mengerakan fungsi, suatu sistem harus ditunjang oleh berbagai komponen. 

1.    Setiap sitem bertujuan
Adakah suatu sistem tanpa adanya tujuan ? tentu tidak, setiap sistem pasti memiliki tujuan. Tujuan manusiawi sebagai organisme adalah agar dapat melakasanakan tugas kehidupanya. Tujuan keberadaan lembaga pendidikan adalah agar dapat melayani seetiap anak didik untuk mencapai tujuan pendidikannya. Jadi dengan demikian, setiap sistem mesti memiliki tujuan yang pasti. Tujuan itulah yang akan menggereakan suatu sistem.
2.    Setiap sistem memiliki fungsi
Untuk mencapai suatu tujuan. Setiap sistem memiliki fungsi tertentu. Misalnya, agar manusia dapat melaksanakan kehidupanya, mesti tubuh manusia memerlukakn fugsi pernapasan, pencernaan, penglihatan, fungsi peredaran darah, fungsi pendengaran, dan lain sebagainya. Proses Pendidikan bisa berjalan dan dapat mencapai tujuan secara optimal, maka diperlukan fungsi perencanaan, fungsi administrasi, fungsi kurikulum, fungsi bimbingan, dan lain sebagainya. Fungsi inilah yang akan terus-menerus berproses hingga tercapainya tujuan.
3.    Setiap sistem memiliki komponen
Untuk melaksanakan fungsi-fungsinya, setiap sistem mesti memiliki komponen-komponen yang satu sama lain saling berhubungan. Komponen-komponen inilah yang dapat menentukan kelancaran proses suatu sistem misalnya, agar fungsi pencernaan berjalan dalam sistem tubuh manusia maka diperlukan komponen lambung, agar fungsi penglihatan berjalan diperlukan komponen mata dan lain sebagainya. Agar fungsi perencanaan pembelajaran berjalan maka diperlukan komponen  silabus dan RPP, agar fungsi administrasi berjalan dan menunjunag keberhasislan sistem pembelajaran  maka diperlukan komponen administarsi kelas, siswa, guru dan lain sebagainya. Agar kurikulum berfungsi sebagai alat pendidikan diperlukan tujuan, isi, materi, pelajaran, strategi pemebelajaran serta komponen evaluasi pembelajaran.

Sebagai suatu sistem setiap komponen harus dapat melaksanakan fungsinya dengan tepat dan benar. Manakala salah satu sistem tidak berfungsi maka akan mempengaruhi sistem tersebut.

No comments:

Post a Comment

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...