Tuesday, November 21, 2017

Strategi Dasar Merancang Sistem Pembelajaran

   Strategi Dasar Merancang Sistem Pembelajaran

Berdasarkan komponen-komponen dalam sistem pembelajaran, selanjutnya kita dapat menentukan langkah atau strategi dalam penyusunan perencanaan pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1.      Merumuskan Tujuan Khusus. 
Dasar merancang Pembelajaran adalah, tugas pertama adalah merumuskan tujuan pembelajaran khusus berserta materi pelajaranya. dengan menentukan tujuan pembelajaran khusus akan menjadi rumusan indikator hasil pelajaran. Fungsi rumusan pembelajaran khusus adalah sebagai teknik untuk mencapai tujuan pembelajaran umum, dengan demikian, maka penecapaian tujuan-tujuan khusus dalam proses pembelajaran, merupakan indikator pencapaian tujuan umum.
2.      Pengalaman Belajar
Langkah yang kedua dalam merencanakan pembelajaran adalah memlih pengalaman belajar yang harus dilakukan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Belajar bukan hanya mencatat dan menghafal, akan tetapi proses berpengalaman. Oleh sebab itu, siswa harus di dorong secara aktif melakukan kegiatan tertentu. Walaupun tujuan pembelajaran hanya sebatas memahami data atau fakta, akan tetapi sebaiknya hal itu tidak cukup hanya diberikan saja oleh guru, akan tetapi siswa didorong untuk mencari dan menemukan sendiri fakta tersebut, misalnya melalui wawancara, observasi, dan lain sebagainya.
3.      Kegiatan Belajar Mengajar
Langkah ketiga dalam menyusn perencanaan pembelajaran dengan pendekatan sistem adalah menetukan kegiatan belajar mengajar. Menentukan kegiatan belajar mengajar yang sesuai.
4.      Orang-orang yang Terlibat 

Perencanaan pembelajaran dengan pendekatan sistem juga bertanggung jawab dalam menentukan orang yang akan membantu dalam proses pembelajaran. Orang-orang yang akan membantu dalam proses pembelajaran khususnya yang berperan sebagai sumber belajar meliputi Instruktur atau guru, dan juga tenaga professional. 
5.      Bahan dan Alat
Penyeleksian bahan dan alat juga merupakan bagian dari sistem perencanaan pembelajaran. Penentuan bahan dan alat dapat mempertimbangkan beberapa hal-hal sebagai berikut :
a.    Keberagaman kemampuan intelektual peserta didik
b.    Jumlah dan keberagaman tujuan pembelajaran khusus yang harus dicapai peserta didik
c.    Tipe-tipe media yang diproduksi dan digunakan secara khusus
d.   Berbagai alternative pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
e.    Bahan dan alat dapat dimanfaatkan.
f.     fasilitas fisik yang tersedia
6.      Fasilitas Fisik
Fasilitas fisik merupakan faktor yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran.
7.      Perencanaan evaluasi dan Pengembangan
Prosedur evaluasi merupakan faktor penting dalam sebuah perencanaan pembelajaran. Melalui evaluasi kita dapat melihat keberhasilan pengelolaan pembelajaran dan keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

No comments:

Post a Comment

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...