Monday, April 29, 2019

Bagaimana Menakar Peluang Masuk PTN, Menurut Hasil Nilai UTBK Anda

Nilai UTBK Gelombang 1 pada tanggal 13 dan 14 April 2019 sudah diumumkan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pada tulisan kali ini akan dibahas:
- Bagaimana kita bisa menganalisa peluang bisa masuk PTN.
- Bagaimana meningkatkan nilai Tes anda pada UTBK Gelombang ke-2 (11 sd. 26 Mei 2019)

Selanjutnya bisa dilihat pada tabel berikut ini:

Nilai UTBK dibagi pada 5 kelompok:
1. Minimum
2. Kuartil 1
3. Median
4. Kuartil 3
5. Maksimum

Anda akan mempunyai peluang yang Sangat Besar untuk bisa masuk PTN Unggulan, apabila selang nilai anda termasuk dalam Kuartil 3 dan Maksimum.

Untuk dapat memilih Program Studi Unggulan di PTN Unggulan, maka dibutuhkan kombinasi nilai yang baik dari Nilai Tes Skolastik dan Nilai Tes Kompetensi Akademik.
Contoh:
1. Untuk bisa diterima pada Program Studi Teknik Elektro, maka dibutuhkan Nilai Nilai Tes Skolastik yang Terbaik dan Nilai Tes Kompetensi Akademik untuk mata pelajaran Fisika yang Terbaik.
Apabila anda pada saat tes UTBK nilai Tes Kompetensi Akademik Fisika anda Kurang Baik (pada selang <Median), dan malah nilai Biologi yang Lebih Baik (selang >Kuartil3), sudah tentu anda tidak kompetitif/patut ikut berkompetisi dalam pemilihan Program Studi Teknik Elektro.

2. Tes Kelompok Saintek, apabila nilai UTBK Tes Kompetensi Akademik Fisika anda adalah yang Terbaik (selang >Kuartil3), maka seharusnya anda juga memilih Program Studi yang selaras dengan nilai ilmu Fisika, seperti: Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Metalurgi, Teknik Perkapalan, dll

3. Tes Kelompok Saintek, apabila nilai UTBK Tes Kompetensi Akademik Biologi anda yang tertinggi (selang >Kuartil 3), maka sebaiknya anda memilih Program studi di PTN yang selaras dengan Nilai Tes Biologi, seperti: Agronomi, Teknologi Pangan, Gizi Masyarakat, Biologi, Agrobisnis dll.

4. Tes Kelompok Soshum, apabila nilai UTBK Tes Kompetensi Akademik Ekonomi anda yang Tertinggi (selang >Kuartil 3), maka anda sebaiknya memilih Program studi yang berkaitan dengan ilmu Ekonomi, seperti: Akuntansi, Administrasi Bisnis, Management, dll

5. Tes Kelompok Soshum, apabila nilai UTBK Tes Kompetensi Akademik Sosiologi adalah yang Tertinggi (selang >Kuartil 3), maka anda sebaiknya memilih Program studi yang berkaitan dengan ilmu Sosiologi, seperti: Sosiologi, Hukum, Psikologi, Jurnalistik, dll

Berikut dibawah ini data Hasil Tes UTBK Gelombang 1 sudah keluar tabulasinya di website https://ltmpt.co.id, dimana sebaran nilai Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akadedmiknya adalah seperti berikut:


Tabulasi diatas adalah hasil Tes UTBK yang diikuti oleh 123.738 orang Kelompok Saintek dan 121.049 orang Kelompok Soshum. Hasil diatas adalah rekapitulasi Range Nilai peserta Tes berdasarkan :
- Tes Potensi Skolastik dan
- Tes Kompetensi Akademik.

Peluang dari masing-masing peserta tentulah sangat bergantung pada kombinasi nilai Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. Karena ada beberapa kombinasi nilai dari masing-masing peserta:
1. Apabila nilai Tes Potensi Skolastik TERBAIK (selang >Kuartil 3) dan nilai Tes Kompetensi Akademik TERBAIK (selang >Kuartil 3) .
Sudah tentu anda sangat berpeluang untuk dapat memilih Program Studi Unggulan di PTN Unggulan/Layer 1 (seperti: ITB, UI, UGM, IPB, Unpad, Undip, ITS, dll).
2. Bila nilai Tes Potensi Skolastik TERBAIK (selang >Kuartil 3) dan nilai Tes Kompetensi Akademik KURANG BAIK (antara selang Median sd. Kuartil 3).
Anda disarankan untuk memilih Program Studi Unggulan di PTN Layer 2 (seperti: UB, Unsud, UNJ, UPI, UJ, dll) atau Layer 3 (seperti: USU, Unand, Unsri, Unsyah, dll). Atau bisa juga di Program Studi Tidak Unggulan di PTN Unggulan/Layer 1.
3. Bila nilai Tes Potensi Skolastik KURANG BAIK (antara selang Median sd. Kuartil 3) dan nilai Tes Kompetensi Akademik TERBAIK (selang >Kuartil 3) .
Maka peluang anda bisa sama seperti poin ke-2 diatas.
4. Sedang nilai Tes Potensi Skolastik KURANG BAIK (selang <Median) dan nilai Tes Kompetensi Akademik KURANG BAIK (selang <Median).
Sudah tentu anda tidak mungkin berpeluang masuk di PTN Unggulan/Layer 1 dan PTN Layer2. Tapi mungkin bisa pada PTN Layer 3 selama masih pada selang (selang  Kuartil 2 sd. Median).

Sedang nilai dari masing-masing peserta dapat dilihat di https://pengumuman-utbk-2.ltmpt.ac.id/


Berapa hasil nilai Tes anda di UTBK Gelombang 1? Anda bisa menakar peluang untuk bisa diterima di Program Studi dan PTN Unggulan atau malah hanya bisa di PTN Layer 2 atau 3?

Selanjutnya anda bisa memperbaiki nilai Tes UTBK Gelombang 1 dengan belajar Sangat Keras selama kurang-lebih 3 minggu kedepan pada saat mengikuti Tes UTBK gelombang ke-2. Dimana semua peserta bisa mengevaluasi pada materi dan mata pelajaran apa yang menjadi titik lemahnya pada saat mengikuti Tes UTBK Gelombang 1.

Selamat Bekerja Sangat Keras. Hasil Terbaik akan membawamu dapat menjadi mahasiswa di PTN yang anda idamkan.

6 comments:

  1. Saya mau bertanya rata rata saya 501 dan saya berniat masuk universitas airlangga jurusan pendidikan ners dan universitas negeri jakarta jurusan statistika, nilai saintek saya paling tinggi ada di biologi 597 dan matematika 513 apakah aman atau tidak ya? Mohon bantuannya terimakasih🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Regina, anda punya nilai cukup baik di TPA Biologi. Jadi peluang anda dalam memilih Program Studi (Prodi) cukup besar jika diselaraskan dengan nilai Biologi tersebut. Banyak Program Studi Pertanian yang basis ilmunya adalah matematika, seperti yang anda inginkan. Seperti Program Studi Agribisnis, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Perikanan, Ekonomi Peternakan, dll. Atau bisa juga ambil Prodi Biologi, Teknologi Bioproses, Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat. Tinggal fokus cari PTN yang kompetititf dengan Nilai anda. Anda bisa juga mencoba Universitas Andalas, Universitas Lampung, Universitas Udayana, Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanudin, dll

      Delete
  2. aku punya rata" 686, tps 680.5 tpa 695.75 nilai matematika 333, fisika 845 kimia 837 bio 768 mau masuk FKG UNEJ kira" berpeluang gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang anda besar sekali. Silahkan dicoba dan jangan lupa berdoa.

      Delete
    2. apakah nilai matematika mempengaruhi kak ? soalnya agra" matematika rata"nya anjlok banget

      Delete
    3. Iya Nilai TPA Matematikanya rendah sekali. Tapi secara rata-rata keseluruhan nilai kamu kuat sekali. Percaya diri saja, jangan lupa berdoa...

      Delete

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...