Tuesday, April 30, 2019

Menakar Peluang Masuk UI, berdasar Passing Grade Masuk UI 2018

Berikut ini data Passing Grade Tes SBMPTN masuk UI tahun 2018.
Data ini bisa dijadikan acuan atau pertimbangan dalam memilih Program Studi di Universitas Indonesia.

Catatan: Sudah tentu Tabulasi bukan acuan mutlak dalam memilih Program Studi yang hendak dipilih, dikarenakan oleh beberapa faktor:

1. Sistem pelaksanaan Tes SBMPTN tahun 2018 sangat berbeda dengan Tes SBMPTN tahun 2019.
Pada tahun 2018 peserta sudah melakukan pilihan Program Studi yang dituju sebelum Tes SBMPTN dilakukan.
Sedang tahun 2019 Tes SBMPTN dilakukan dilakukan terlebih dahulu, baru kemudian setelah peserta mendapat nilai UTBK melakukan pilihan di Program Studi.


2. Pada tahun 2019 Tes SBMPTN dilakukan sebanyak 2 kali UTBK, lalu nilai tertinggi digunakan untuk melakukan pemilihan Program Studi. Sudah tentu Passing Grade pada Program Studi Favorit/Unggulan akan naik. Dimana peserta yang mendapat nilai UTBK yang tinggi akan menumpuk dan bersaing ketat di Program Studi yang favorit.

3. Nilai Tes UTBK Tahun 2019 yang sebanyak 2 kali UTBK, akan masing-masing peserta dapat menggunakan nilai paling tinggi untuk melakukan pilihan Program Studi SBMPTN. Peserta yang mendapat nilai nanggung (dalam selang median), harus bisa realistis dalam melakukan pilihan Program Studi di PTN. Bila kira-kira peluang kecil diterima di Program Studi Favorit, maka dapat menentukan pilihan ke PTN Layer dibawahnya.

Misalnya: Jika hendak memilih Program Studi Kedokteran, semua juga punya ambisi diterima di UI, UGM, atau Unpad. Tapi jika nilai tidak di selang Kuartil 3 dan selang Maksimal, maka dapat memilih Fakultas Kedokteran di Undip, UB, UNS, dll.

Jadi anda sekalian harus cermat dalam membuat pilihan Program Studi yang akan dipilih, berdasarkan kombinasi nilai Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. Jangan pernah berusaha memaksakan diri.




2 comments:

  1. Kuliah di Kampus Universitas Medan Area aja..Akreditasi Baik dan banyak Prodi favorit dengan Akreditasi A..Kunjungi aja Websitenya

    ReplyDelete
  2. How do you assess the chances of getting into UI based on the entrance exam passing grades for 2018? Regard Telkom University

    ReplyDelete

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...