Monday, April 1, 2019

Jalur Lain Masuk ITB, Lewat Seleksi Mandiri (SM) ITB

Seiring dengan pembenahan di tingkat nasional dan melengkapi sistem seleksi yang sudah ada, Institut Teknologi Bandung telah melakukan penyesuaian sistem penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (Reguler) untuk tahun 2019, dimana seleksi akan dilaksanakan dalam tiga jalur, yaitu:
       -         Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),
       -         Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan
       -         Seleksi Mandiri (SM) – ITB.

Dalam 3 (tiga) tahun terakhir, ITB berkukuh pada 2 (dua) hasil seleksi yaitu SNMPTN dan SBMPTN untuk menjaring calon mahasiswa baru yang dianggap memiliki kompetensi dan potensi mengikuti pendidikan program sarjana di ITB. Hal ini menyebabkan alternatif pilihan jalur seleksi lain bagi calon mahasiswa yang memiliki kualifikasi kompetensi dan potensi yang setara namun tidak diterima baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN otomatis menjadi tertutup. 



Seleksi Mandiri ITB memberi kesempatan ke-3 bagi siswa WNI (baik yang menempuh pendidikan menengahnya di dalam maupun luar negeri) untuk mengikuti pendidikan program sarjana di Institut Teknologi Bandung.

Dengan adanya kesempatan ke-3 bagi calon mahasiswa yang berminat mengikuti pendidikan program sarjana di ITB, Seleksi Mandiri ITB juga mempertimbangkan kesempatan yang berimbang dan adil bagi siswa/I yang berasal dari sekolah menengah baik di pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa sebagai bagian peran ITB untuk mendorong kemajuan pendidikan nasional.

Kuota Jalur Seleksi ITB
Kuota untuk masing-masing jalur seleksi adalah :
1.      Fakultas atau Sekolah selain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD): SNMPTN (40%); SBMPTN (40%), dan SM-ITB (20%).
2.      Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD): SNMPTN (30%), SBMPTN (40%), SM-ITB (30%).
 Prinsip Pelaksanaan SM-ITB
Seleksi Mandiri (SM) – ITB tahun 2019 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua Fakultas atau Sekolah di ITB. Penyelenggaraan SM-ITB didasarkan pada desk evaluation dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut :
1.      Hasil UTBK, Nilai Rapor, Esai Pengalaman dan Potensi Diri, serta kriteria lainnya,  bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD
2.      Hasil UTBK, Nilai Rapor, Esai Pengalaman dan Potensi Diri, hasil Tes Keterampilan, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke FSRD

Persyaratan Peserta SM-ITB
1.      Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
2.      Memiliki data prestasi akademik yang tercatat di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dan/atau mengikuti SBMPTN tahun 2019 (memiliki nilai UTBK).
3.     Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2019.
4.     Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Keterampilan.
5.     Lulusan tahun 2017 dan 2018 dapat mendaftar SM-ITB asalkan mengikuti SBMPTN tahun 2019.

Prosedur Pendaftaran
Pendaftaran SM-ITB 2019 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran akan disampaikan kemudian  pada laman http://usm.itb.ac.id

Biaya Seleksi
1.      Biaya seleksi untuk pendaftar ke Fakultas atau Sekolah selain FSRD sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah)
2.      Biaya seleksi untuk pendaftar ke FSRD sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Biaya ini termasuk untuk Tes Keterampilan.
3.     Tata cara pembayaran akan disampaikan kemudian  pada laman http://usm.itb.ac.id
4.     Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Pendaftaran
1.      Pendaftaran SM-ITB 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2019 – 12 Juli 2019
2.      Tes Keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juli 2019 di Kampus ITB.


Pengumuman Hasil Seleksi
Pengumuman hasil Seleksi Mandiri (SM) – ITB akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 melalui laman http://usm.itb.ac.id

Laman Resmi dan Kontak
1.      Informasi resmi mengenai Seleksi Mandiri (SM) – ITB disampaikan melalui laman http://usm.itb.ac.id.
2.      Pertanyaan terkait SM-ITB dapat disampaikan kepada Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan (DEKTM) – ITB melalui e-mail usmitb@pusat.itb.ac.id atau telp/fax : 022-2530689022-2508519.


No comments:

Post a Comment

Passing Grade Prodi Unggulan ITS Pada SBMPTN 2019

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN 2019 telah diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Dengan diikuti oleh peserta...